Yoga Mempunyai Manfaat Untuk Kesehatan Jantung

Tahukan anda yoga mempunyai manfaat untuk kesehatan jantung tubuh manusia.

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal, yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal produk green world yang aman tanpa terkontaminasi zat berbahaya di dalamnya. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi yoga mempunyai manfaat untuk kesehatan jantung.

Yoga adalah salah satu cabang olahraga yang mengutamakan gerakan tubuh dan pernapasan untuk mencapai tujuan. Biasanya gerakannya tidak terlalu berat, namun klebih kepada keseimabangan dan kelenturan. Dalam banyak penelitiasn disebutkan bahwa olahraga ini memiliki sekali manfaat dan salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung, sekaligus mengurangi risiko penyakit yang mungkin menyerang.

Yoga bisa dijadikan sebuah salah satu alternatif berolahraga bagi anda yang malas dengan beban-beban yang berat. Seperti yang diketahui bahwa yoga memiliki banyak manfaat sehingga pria maupun wanita sekarang banyak yang melakukan yoga demi menjaga kesehatan tubuhnya.

yoga mempunyai manfaat untuk kesehatan jantung

Yoga merupakan salah satu seni, namun bukanlah seni biasa. Yoga merupakan seni spiritual, olah fisik dan juga jiwa. Biasanya yang diinginkan oleh orang-orang yang melakukan Yoga adalah kesehatan dan kebugaran tubuh, namun Yoga secara tradisional memiliki tujuan untuk kebahagiaan dan salahsatu dari kebahagiaan tersebut adalah memiliki kesehatan yang baik termasuk kesehatan jantung.

Yoga Mempunyai Manfaat Untuk Kesehatan Jantung

  • Meningkatkan aktivitas fisik

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association (AHA), salah satu penyebab penyakit jantung paling signifikan adalah aktivitas fisik. Namun begitu, dalam studi lainnya disebutkan bahwa faktor aktivitas yang benar dapat berimbas sebaliknya, yaitu menjaga kesehatan jantung.

Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian, dimana orang yang rutin melakukan yoga memiliki tubuh yang lebih bugar, sekaligus memiliki kesehatan jantung yang baik. Selain itu, dalam sebuah jurnal yang dibuat pada tahun 2012 disebutkan bahwa, studi menyatakan, peserta uji coba yang sebelumnya tidak pernah aktif ada di kelas yoga, kemudian secara rutin melakukan yoga sebanyak dua kali dalam seminggu memiliki fisik yang aktif dan jantung yang sehat.

Rekomendasi dari AHA sendiri menyatakan bahwa aerobik ataupun yoga dapat dilakukan selama 30 menit, lima hari dalam seminggu untuk menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya sebanyak dua hari dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat kesehatan lainnya.

  1. Menurunkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah adalah satu lagi manfaat yoga untuk kesehatan jantung. Hal tersebut dibuktikan oleh 2.014 ulasan studi ilmiah yang menyatakan bahwa yoga memainkan peran untuk mengelola hipertensi. Robert Ostfeld, MD, seorang ahli jantung mengatakan bahwa hubungan antara hipertensi dan yoga berkutat pada kombinasi pengurangan stres dan kebugaran tubuh.

  • Meningkatkan kapasitas aerobik dan daya tahan kardiovaskular

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap para pasien gagal jantung, disebutkan bahwa kebanyakan dari Mereka yang mengikuti secara rutin aktivitas yoga memiliki peningkatan kapasitas aerobik sebanyak 22 persen. Selain itu, dalam penelitian tersebut juga disinggung mengenai penurunan peradangan pada jantung, peningkatan fleksibilitas, ketahanan kardiovaskular dan kualitas hidup pasien.

  • Menjaga keteraturan detak jantung

Manfaat yoga untuk kesehatan jantung yang dapat Anda dapatkan selanjutnya berkaitan dengan detak jantung. Ketika detak jantung mengalami kelainan atau abnormal, seperti atrial fibrillation atau afib, maka risiko terkena stroke dan komplikasi sangatlah tinggi. Sedangkan pada penelitian lainnya disebutkan bahwa sekitar 49 pasien afib yang berlatih yoga memiliki penurunan risiko. Selain itu, dalam penelitian lainnya disebutkan bawa seorang praktisi yoga memiliki detak jantung yang teratur dan tekanan darah yang lebih rendah.

  • Mencegah depresi dan meningkatkan rasa sosial

Dengan berpartisipasi mengikuti komunitas yoga, orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jantung akan terhindar dari depresi. Hal tersebut sebenarnya lebih kepada mematikan rasa isolasi sosial, sehingga perasaan pasien lebih tenang meskipun Mereka tahu bahwa penyakit yang dialami amatlah berat.

  • Membantu mengelola stres

Manfaat yoga untuk kesehatan jantung selanjutnya adalah menjaga tubuh dari serangan stres. Kita tahu bahwa stres memiliki kontribusi yang tinggi terhadap perkembangan penyakit jantung.

Dengan melakukan yoga, Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit kognitif, seperti depresi, stres dan rasa cemas. Hal tersebut juga dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Kanada. Bahkan, seorang ahli jantung bernama Joel Kahn, MD mengatakan bahwa stres berhubungan dengan pernafasan. Secara tidak langsung Kita tahu bahwa semua gerakan yoga membutuhkan pengaturan nafas yang konsisten.

Setidaknya ada tiga jenis utama dari olahraga yoga dan diantaranya adalah Hatha yoga, dimana gerakannya lebih kepada bentuk tradisional yang mengutamakan kelembutan, meditasi dan latihan pernapasan. Jenis yang kedua bernama Vinysa, dimana yoga digunakan sebagai latihan fisik yang berfokus pada pernapasan dan gerakan. Sedangkan jenis yang terakhir adalah Hot yoga, dimana Anda akan diajak melakukan olahraga tersebut di dalam ruangan berusuhu cukup panas, sekitar 105 derajat. Yoga jenis terakhir ini tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, terlebih bagi pasien penyakit jantung tingkat lanjut.

Jika Anda ingin melakukan Yoga apalagi sebagai pemula yang baru belajar yoga, carilah guru Yoga yang profesional agar Anda dapat melakukan yoga dengan baik dan benar sehingga manfaat untuk kesehatan tubuh menjadi lebih terasa. Selain yoga, untuk mendukung kesehatan jantung Anda, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan menjaga pola hidup sehat lainnya.

Simak terus http://wildanalfian.com untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Yoga Mempunyai Manfaat Untuk Kesehatan Jantung