Tips Menyembuhkan Pilek Anak Tanpa Harus Mengkonsumsi Obat

Begitu penting bunda mengetahui tips menyembuhkan pilek anak tanpa harus mengkonsumsi obat jadi biasa menyembuhkan dengan cara alami.

Berjumpa kembali di salah satu situs resmi milik alfian herbal, kami merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal priduk gree world yang aman di konsumsi tidak menimbulkan efek samping berbahaya pada tubuh. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi tips menyembuhkan pilek anak tanpa harus mengkonsumsi obat.

Dalam bahasa kedokteran pilek disebut dengan istilah common colds. Anak-anak dengan daya tahan tubuh yang lemah biasanya mudah terserang penyakit ini. Pada anak, penyakit pilek dapat berlangsung selama 3-15 hari. Lama waktu tersebut sangat tergantung pada bayi tahan tubuh anak dan penangannan bagaimana cara mengatasi pilek yang dilakukan orang tua terhadap anak.

Tips Menyembuhkan Pilek Anak Tanpa Harus Mengkonsumsi Obat

Karena gejalanya yang mirip, banyak orang yang beranggapan pilke dan flu sebagai satu penyakit yang sama, sehingga mereka memberikan obat yang sama pada kedua penyakit tersebut. Padahal sebenarnya pilek dan flu merupakan penyakit yang berbeda, karna flu disebabkan oleh infeksi virus influenza dan flu memiliki gejala yang lebih berat daripada pilek biasa. Dengan begitu, pilek pada anak bisa jadi bukan sekedar common cols atau alergi biasa, tetapi bisa juga karena flu.

Tips Menyembuhkan Pilek Anak Tanpa Harus Mengkonsumsi Obat

Tips menyembuhkan pilek yang terbaik adalah dengan menjagaagar kondisi daya taha tubuh si kecil selalu berada dalam puncaknya dengan memberikan nutrisi ccukup dan berimbang serta isstirahat yang cukup untuk menjaga kesehatannya. Jika pilek terlanjur menyerang, sebagai orang tua kita tidak perlu khawatir dengan perawatan yang tepat di rumah, biasanya pilek dapatsembuh dalam waktu 4-10 hari tanpa harus minum obat-obatan. Berikut ini beberapa tips menyembuhkan pilek tanpa harus mengkonsumsi obat yang dapat dilakukan orang tua di rumah:

  1. Pastikan orang tua yang merawat anak dalam keadaan sehat, gunakan masker ketika anda terkena flu agar penyakit tersebut tidak menular ke anak.
  2. Bersihkan lingkungan sekitar dan pastikan tidak ada benda yang dapat menjadi kontaminasi flu pada anak termasuk boneka dan mainan lainnya.
  3. Tempatkan anak di ruangan tanpa AC untuk mengurangi gejala hidung tersumbat akibat suhu yang dingin. Bila anak merasa lebih nyaman dalam ruangan AC, gunakan mesin pelembap udara.
  4. Usahakan anak agar tetap istirahat walaupun bukan waktunya istirahat, berikan anak waktu tidur yang lebih banyak, karena dengan tidur maka daya tahan tubuh anak dapat menjadi lebih baik dan energinya benar-benar digunakan untuk mengusir penyakit.
  5. Usahakan kepala anak pada posisi miring di saat tidur ke salah satu sisi, karena dengan posisi ini maka anak akan lebih mudah bernafas ketika ada lendir atau sumbatan hidung yang mengganggu jalan pernafasannya.
  6. Encerkan lendir pilek yang sangat mengganggu dengan air garam yang diteteskan ke ujung lubang hidung bayi, lalu gunakan alat penyedot ingus anak untuk membersihkan hidung.
  7. Oleskan petroleum jelly di bagian luar lubang hidung untuk mencegah iritasi.
    Bersihkan cairan hidung atau lendir yang mengeras pada hidung dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat.
  8. Berikan teh hangat pada anak, karena dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan mengencerkan dahak.
  9. Pilek akan berkurang seiring dengan membaiknya daya tahan tubuh anak dalam waktu 3-5 hari, jika pilek masih berlanjut anda bisa menghubungi dokter.

Pilek yang tidak mengganggu pola makan atau aktivitas anak tidak memerlukan penanganan khusus. Hindari penggunaan obat-obat kimia pada anak usia kurang dari 6 tahun dan sebaiknya obat-obatan yang diberikan harus selalu melalui pengawasan dokter.  Jika anak demam maka konsultasikan dengan dokter mengenai kemungkinan memberikan parasetamol atau ibuprofen.

Jangan gunakan obat pilek anak kurang dari 6 tahun, tanpa resep atau pengawasan dokter, meskipun ada banyak tersedia di apotek.

Gunakan Obat Pilek Anak Alami

Selain menerapkan tips menyembuhkan pilek anak tanpa obat seperti di atas, beberapa obat pilek anak yang alami juga bisa anda berikan untuk mengurangi keluhan dan gejala pilek yang sangat mengganggu dengan aman, antara lain :

  • Jeruk nipis dan Madu merupakan obat pilek yang sudah terbukti keampuhannya sejak dulu, maka bisa diberikan untuk anak anda. Cara membuat ramuan ini adalah dengan melarutkan sedikit madu dan perasan jeruk nipis ke dalam air hangat. Kemudian berikan pada anak dengan teratur untuk melegakan pernapasannya.
  • Bawang merah dan minyak telon bayi dapat dioleskan pada tubuh anak untuk memberikan rasa hangat pada tubuh anak.
  • Sup ayam hangat ternyata dapat meredakan gejala pilek terutama hidung tersumbat. Hasil sebuah penelitian juga mengungkap bahwa bahan-bahan pembuat sup ayam dapat meredakan peradangan pada tenggorokan.
  • Bawang putih yang mengandung zat allicin, yaitu suatu zat yang mempunyai efek anti-bakteri alami dapat diberikan pada anak yang pilek. Gunakan bawang putih ini dalam makanan anak termasuk sup ayam hangat untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

Selain dengan cara tersebut diatas, pilek pada anak juga dapat disembuhkan dengan cara menjemur anak di pagi hari, yaitu dengan membawa anak keluar rumah pada pagi hari di saat matahari masih hangat selama sekitar 10 menit. Selain itu jangan lupa memandikan anak dengan menggunakan air hangat untuk membantu menghangatkan tubuh mereka agar tetap dalam keadaan sehat.

Demikian informasi mengenai tip menyembuhkan pilek anak tanpa harus mengkonsumsi obat yang kami sampaikan untuk anda, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya. Salam Sehat!

Tips Menyembuhkan Pilek Anak Tanpa Harus Mengkonsumsi Obat