Tips Menjaga Kolestrol Tubuh Agar Tetap Stabil

Tahukah Anda Tips Menjaga Kolestrol Tubuh Agar Tetap Stabil

Berjumpa kembali di salah satu situs resmi milik alfian herbal, kami merupakan distributor resmi pusat penjualan obat herbal produk green world. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi tips menjaga kolestrol tubuh agar tetap stabil.

Salah satu zat lemaak yang memberikan asupan energi untuk sel-sel yang berada dalam tubuh yaitu kolestrol. Biasanya kolestrol ini dihasilkan dari berbagai makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh tubuh. Dalam kadar yang seimbang, kolestrol sangat dibutuhkan tubuh, namun apabila kolestrol dalam tubuh tidak stabil maka akan kesehatan tubuh akan terganggu karena bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit, seperti penyakit kardiovaskuler misal penyakit jantung, serangan stroke dan jenis penyakit lainnya.

tips menjaga kolestrol tubuh agar tetap stabil

Maka dari itu, agar tubuh tetap sehat dan memiliki kadar kolesterol yang seimbang, berikut ini HarianSehat berikan beberapa tips agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang dan terhindar dari kolesterol tinggi, informasi ini dilansir dari situs Health Me Up dan berbagai sumber lainnya, simak selengkapnya :

1. Mulai Berhenti Merokok

Merokok merupakan salahsatu kebiasaan yang tidak baik. Dengan berhentinya kebiasaan merokok maka tingkat kolesterol dalam tubuh tetap seimbang. Hal ini karena rokok memiliki kandungan zat tertentu yang bisa menimbulkan bagian arteri atau endothelium mengalami kerusakan. Kandungan karbon monoksida dan karsinogen pada asap rokok yang masuk dalam arteri akan menjadikan tubuh rentan terhadap munculnya kerjang yang bisa menyebabkan kadar kolesterol dalam darah menjadi tinggi.

Selain itu, merokok juga dapat menurunkan kadar HDL yang merupakan jenis kolesterol yang baik dalam tubuh, dan dalam waktu yang bersamaan pula kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh dapat mengalami peningkatan. Ditambah lagi, tubuh perokok beresiko mengalami palpitasi jantung, hal ini akan berpengaruh pada kualitas hidup tubuh mereka secara keseluruhan. Maka dari itu, mulailah hindari rokok dari sekarang demi kesehatan tubuh Anda.

2. Mulai Banyak Berolahraga

Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi, berolahraga merupakan salahsatu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Banyak ahli yang mengemukakan bahwa dengan berolahraga sekitar 40 hingga 60 menit dalam setiap harinya akan membantu dalam menurunkan kolesterol jahat 5 hingga 10 persen dan dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh sekitar 3 hingga 6 persen. Maka dari itu, mulai sekarang rutinlah berolahraga secara teratur agar tubuh senantiasa sehat.

3. Mulai Konsumsi Makanan Sehat

Agar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang, konsumsi makanan juga perlu diperhatikan karena hal ini sangat penting. Mulailah kurangi makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans karena lemak ini kurang baik. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi daging yang berlemak, gorengan, produk susu dan berbagai makanan yang digoreng. Ini karena, makanan-makanan tersebut biasanya mengandung lemak jenuh dan trans yang bisa menyebabkan LDL atau lemak jahat meningat. Setiap harinya konsumsi lemak jenuh maksimal 20 gram atau kurang, pastikan untuk menghindari konsumsi lemak berlebih dan mulailah selektif dalam memilih makanan.

4. Jika Kelebihan Berat Badan Mulailah Turunkan

Apabila Anda mengalami obesitas atau kelebihan berat badan maka berusahalah untuk menurunkan berat badan yang Anda miliki agar memiliki berat badan yang seimbang. Mulailah berolahraga dengan rutin dan melakukan berbagai pekerjaan tambahan. Latihan bisa dilakukan dengan olahraga ringan misalnya berjalan santai, latihan beban, aerobik, bersepeda, dan melakukan jenis olahraga lainnya karena bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Obesitas juga bisa menjadi penyebab munculnya resistensi insulin yang merupakan suatu keadaan tubuh yang tidak bisa menggunakan hormon insulin dalam tubuh dengan benar. Resistensi insulin dapat menjadi penyebab naiknya kadar kolesterol dalam tubuh dan bisa menyebabkan diabetes.

5. Konsumsi Bayam

Kolesterol dalam tubuh juga bisa diturunkan dengan mengkonsumsi bayam secara rutin. Kandungan berbagai zat dalam bayam diantaranya sekitar 13 senyawa flavonoid bisa menjadi pencegah kanker, penyakit jantung dan juga osteoporosis. Anda bisa mengkosumsi setengah cangkir makanan yang kaya kandunan lutein ini setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan jantung yang diakibatkan kolesterol berlebih.

6. Konsumsi Ikan

Kandungan asam lemak omega-3 yang ada pada ikan bisa menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit jantung, stroke dan juga kolesterol tinggi dengan masuknya protein yang ada pada ikan ini. Menurut para pakar medis, diet degan memperbanyak makanan laut dan utamanya ikan bisa membantu dalam meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Selain ikan, omega-3 bisa didapatkan dari makanan lainnya, diantaranya kedelai, kanola, kenari, biji rami dan juga minyak ikan.

7. Kurangi Stres

Stres yang cukup parah bisa membuat tekanan darah menjadi meningkat dan memperbesar resiko terkena aterosklerosis yang terjadi ketika plak yang berasal dari kolesterol menumpuk pada bagian arteri. Untuk meningkati kadar stres dalam tubuh Anda bisa melakukan yoga atau kegiatan yang Anda sukai lainnya sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

8. Tidur Malam Dengan Cukup

Penelitan menyebutkan bahwa orang yang memiliki waktu tidur sekitar 8 jam setiap harinya memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah, jika dibandingkan dengan orang yang hanya tidur malam sekitar 6 jam bahkan kurang. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan pada jurnal sleep beberapa waktu yang lalu, orang yang terlalu banyak menghabiskan tidur siang justru memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi. Maka dari itu, mulailah tidur malam dengan cukup karena tubuh memerlukan istirahat.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kolestrol tubuh agar tetap sehat. Terimakasih sudah berkunjung di situs resmi kami semoga bermanfaat.

Tips Menjaga Kolestrol Tubuh Agar Tetap Stabil