Penyakit Yang Mengintai Akibat Kurang Makan Sayuran

Biasanya orang sangat sulit untuk mengonsumsi sayuran, dengan alasan karena rasa hambar dan tidak enak. Namun tahukah anda banyak Penyakit Yang Mengintai Akibat Kurang Makan Sayuran, simak informasinya berikut ini

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia.

Penyakit Yang Mengintai Akibat Kurang Makan Sayuran

Penyakit Yang Mengintai Akibat Kurang Makan SayuranPenyakit Yang Mengintai Akibat Kurang Makan Sayuran — Sayuran merupakan asupan penting yang harus dipenuhi setiap hari. Sayuran mengandung banyak kandungan serat, nutrisi, dan juga berbagai macam mineral. Bahkan banyak praktisi kesehatan yang menyarankan untuk meningkatkan asupan sayuran untuk menjalankan program diet sehat.

Terlepas dari program diet sehat, sayuran adalah asupan wajib yang harus dipenuhi setiap harinya. Sayangnya tidak semua orang gemar makan sayur. Bahkan ada beberapa orang yang tidak pernah mengkonsumsi sayuran sayuran karena menganggap rasanya yang tidak seenak mengkonsumsi makanan lain seperti daging atau camilan. Lalu apakah mengabaikan asupan sayuran bisa dibiarkan begitu saja? Tentu saja tidak. Tidak rutin mengkonsumsi sayuran bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Akibat kurang makan sayuran

  • Kanker usus

Salah satu faktor penyebab kanker usus adalah kebiasaan tidak suka makan sayur. Kalau tidak suka, asupan sayur ke tubuh bisa kurang dan berakibat kekurangan serat, padahal serat adalah zat penting untuk membantu mengeluarkan kotoran dalam bentuk tinja. Kalau kotoran dikeluarkan lebih lama, maka akan ada zat atau racun yang diserap kembali dan menyebabkan kelainan sel yang memicu terjadinya kanker.

  • Kekurangan vitamin

Contoh penyakit karena kekurangan vitamin adalah rakhitis dan scurvy (ditandai dengan rasa lemas, kurang darah, radang gusi, perdarahan pada kulit, misalnya sariawan). Kekurangan sayuran bisa menyebabkan penyakit tersebut karena pada sayuran terkandung vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga tulang dan jaringan tetap kuat, serta menjaga pembentukan sel darah merah dan sistem saraf pusat. Tubuh bisa nggak berfungsi dengan benar, kalau kekurangan vitamin dan mineral.

  • Masalah pencernaan

Selain kanker usus, kekurangan serat karena kurang makan sayur, bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti konstipasi atau sembelit, juga meningkatkan kadar kolesterol.

  • Penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, misalnya penyakit jantung iskemik, stroke, penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi, penyakit jantung rematik, pembesaran aorta, dan lain-lain. Penyakit ini bisa muncul karena kurang makan sayur. Kurang makan sayur, bisa menganggu keseimbangan kalium dan natrium pada tubuh dan bisa meningkatkan resiko terkena tekanan darah tinggi dan stroke.

  • Penyakit kulit

Kurang makan sayur terutama serat, juga bisa bikin jamur di dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan dari tubuh. Akibatnya tubuh rentan terkena penyakit kulit, seperti jerawat dan ruam kulit.

  • Irritable Bowel Syndrome atau IBS

Masalah lebih lanjut yang bisa terjadi akibat tidak rutin mengkonsumsi sayur adalah irritable bowel syndrome atau IBS. Kondisi ini terjadi karena tidak rutin menkonsumsi sayur sehingga tesktur feses menjadi keras sehingga sulit dikeluarkan dari dalam tubuh. Akibatnya, perut menjadi kembung, bergejolak, dan penuh dengan gas. Kondisi semacam ini biasanya juga akan membuat penderitanya sering mengeluarkan kentut. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa rutin mengkonsumsi makanan berserat, salah satunya adalah sayuran. Selain itu, Anda sebaiknya juga mengurangi makanan yang kaya akan kandungan lemak, minuman beralkohol, dan juga minuman bersoda.

  • Gula Darah Tinggi dan Penyakit Diabetes

Menurut penelitian, tingginya resiko terkena diabetes biasanya disebabkan oleh pola asupan makanan yang tidak sehat. Penderita diabetes biasanya dipicu oleh seringnya mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan gula dan rendah akan kandungan serat. Sayangnya, banyak orang yang tidak begitu memperhatikan pola asupan makan mereka. Padahal menurut presentase, resiko untuk terkena diabetes dapat menurun sebanyak 28% dengan cara rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat, salah satunya dari sayuran. Hal tersebut tentu saja juga harus didukung dengan mengatur pola diet sehat, yakni dengan membatasi asupan gula atau makanan yang kaya akan kandungan glukosa.

Itulah Penyakit Yang Mengintai Akibat Kurang Makan Sayuran. Untuk mencegah beberapa penyakit di atas, Anda bisa mulai kebiasaan baik dengan rutin mengkonsumsi sayur. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti rutin berolah raga, tidak merokok, todak mengkonsumsi minuman beralkohol, serta mencukupi kebutuhan istirahat.

Terus kunjungi situs http://wildanalfian.com untuk update informasi seputar kesehatan lainnya.

Penyakit Yang Mengintai Akibat Kurang Makan Sayuran