Pantangan Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Penyakit Lupus

Inilah Pantangan Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Penyakit Lupus

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal, kami merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal produk green world. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai artikel kesehatan yang meliputi pantangan makanan yang dilarang bagi penderita penyakit lupus. Lupus adalah penyakit inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru sehingga mulai menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Inflamasi akibat lupus dapat menyerang berbagai bagian tubuh, misalnya:

  • Kulit
  • Sendi
  • Sel darah
  • Paru-paru
  • Jantung

Gejalanya kerap mirip dengan penyakit lain sehingga sulit untuk didiagnosis. Gejala lupus sangat beragam. Ada yang ringan dan ada yang bahkan mengancam jiwa. Penyakit ini memang tidak menular, tapi bisa berbahaya dan bahkan berpotensi mematikan. Gejala umumnya adalah ruam kulit, kelelahan, sakit dan pembengkakan pada sendi.

Penderita lupus di dunia dipercaya mencapai lima juta jiwa. Penyakit ini kebanyakan menyerang wanita pada usia 15-50 tahun (usia masa produktif). Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa lupus juga dapat menyerang anak-anak dan pria. Menurut data dari Yayasan Lupus Indonesia (YLI), jumlah penderita lupus di Indonesia pada tahun 2012 mencapai 12.700 jiwa. Jumlah ini kemudian meningkat menjadi 13.300 jiwa pada tahun 2013.

Pantangan Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Penyakit Lupus

Bagi anda penderita lupus, jangan hanya memperhatikan pengobatannya. Karena selain pengobatan, asupan makanan juga harus dijaga. Penting sekali untuk anda mengetahui pantangan makanan untuk penderita lupus.

pantangan makanan yang dilarang bagi penderita penyakit lupus

Mematuhi pantangan untuk penderita lupus tidak hanya mencegah kondisi yang lebih burus tapi juga dapat membantu memaksimalkan pengobatan. Dan dibawah ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari dulu atau tidak dikonsumsi sama sekali oleh penderita lupus;

  1. Hindari konsumsi makanan yang dapat membuat alergi anda muncul,
  2. Hindari konsumsi makanan pedas dan yang mengandung bumbu/rempah tajam. Salah satunya merica.
  3. Hindari penggunaan MSG (Penyedap Rasa) dan bahan-bahan kimia lainnya.
  4. Hindari konsumsi junkfood.
  5. Hindari dulu konsumsi makanan yang asam.
  6. Touge dan mengkudu juga harus dihindari untuk di konsumsi. Karena dapat emmbuat gejal lupus semakin buruk.
  7. Hindari konsumsi daging hewan (sapi, kambing, unggas, dll), susu, telur, kacang tanah dan rumput laut. Hal ini karena makanan tersebut mengandung asam arakidonat yang bisa merusak tubuh.
  8. Untuk sayuran, penderita lupus tidak boleh mengkonsumsi buncis dan jamur. Karena keduanya memiliki amina dan hydrazines yang bisa meningkatkan gejala lupus.
  9. Hindari konsumsi gula secara berlebihan
  10. Kurangi makan nasi putih
  11. Penderita lupus juga sebaiknya menghindari konsumsi susu. Terutama susu kaleng. Karena susu yang di kaleng-kaleng sudah mengalami pasteurisasi.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita lupus. Selain mematuhi pantangan makanan untuk penderita lupus di atas, sebaiknya penderita lupus tidak mengkonsumsi makanan yang di olah dengan cara di goreng atau di bakar terlebih dahulu, kemudian penderita lupus juga sebaiknya menghindari rokok dan alkohol, menghindari paparan sinar matahari secara langsung, serta usahakan untuk tidak mengalami stress dan depresi.

Pantangan Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Penyakit Lupus