Merokok Dapat Menyebabkan Kanker Payudara

Dari penelitian juga diketahui bahwa merokok dapat menyebabkan kanker payudara memiliki risiko paling tinggi.

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal, yang merupakan distributor resmi pusat penjualan obat herbal produk green world. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi merokok dapat menyebabkan kanker payudara.

Para dokter telah menduga tentang adanya hubungan antara kebiasaan merokok dengan kanker payudara. Sebuah studi membuktikan hal tersebut dan menunjukan bahwa merokok dapat menyebabkan kanker payudara pada wanita di kemudian hari.

Wanita yang aktif merokok memiliki peningkatan risiko mengalami kanker payudara, apalagi jika mereka telah merokok sejak usia belasan tahun. Wanita yang merokok satu bungkus setiap hari selama 30 tahun memiliki risiko 20% lebih tinggi menderita kanker payudara dibandungkan dengan mereka yang tidak merokok. Penelitian tersebut menemukan bahwa risiko kanker payudara ditemukan pada:

  • Wanita pra-menopause yang merokok, yaitu wanita yang mulai merokok saat usia muda memiliki risiko 20% terkena kanker payudara dari pada wanita tidak pernah merokok.
  • Wanita pasca menopause yang aktif merokok.
  • Wanita pra-menopause yang terpapar asa rokok (pasif).
  • Wanita tidak merokok yang menikah muda dengan pria perokok memiliki risiko.
  • Wanita perokok yang memiliki saudara perempuan yang telah didiagnosa kanker payudara memiliki peningkatan risiko terdiagnosis.

Wanita pasca menopause yang terpapar asa rokok tidak memiliki peningkatan risisko kanker payudara dalam penelitian tersebut. Penelitian ini tidak menjelaskan bagaimana merokok dapat meningkatkan risiko kanker, tapi kita tahu bahwa asa rokok mengandung senyawa amina aroma yang merupakan salah satu senyawa penyebab kanker payudara.

Penelitian juga menegaskan adanya hubungan genetik dari wanita perokok dengan berapa banyak rokok yang dihisapnya. Wanita yang merokok aktif dan pasif dan sekaligus memiliki Gen NAT 32 yang tergolong lambat bertindak memiliki risiko kanker payudara yang lebih besar. Gen NAT 32 yang bekerja akan memperlama kemampuan tubuh menyingkirkan amina aromatik.

Penelitian ini menunjukan bahwa risiko kanker payudara adalah 27% pada wanita dengan NAT 32 yang lambat, artinya ada peningkatan dari risiko perokok secara umum yang hanya 20%. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa perkok aktif dan pasif memiliki risiko yang sama besar terkena kanker payudara, tetapi risiko akan bertambah tinggi pada wanita perokok dengan gen NAT 32 yang lambat.

Penelitian dilakukan oleh Universitas Taronto dan diketuai oleh Neil Collishaw, MD dan secara gamblang menjelaskan adanya hubungan sebab akibat yang terjadi secara konsisten antara perokok aktif dengan penderita kanker baik pra maupun pasca menopause. Peneliti juga menemukan bahwa paparan asap rokok yang dihirup perokok pasif berhubungan dengan munculnya kanker payudara pasa wanita pamenapause.

Bagaimana Merokok Dapat Menyebabkan Kanker Payudara

Tida penelitian melaporkan bahwa risiko mendrita kanker payudara pada wanita peokok meningkat signifikan dua sampai emapat kali lipat dibandingkan dengan perempuan yang tidak merokok atau yang menjadi perokok pasif. Asap tembakan mengandung lebih dari 70 zat penyebab kanker yang berbeda. Ketika menghirup asap dari tembakau, bahan-bahan kimia tersebut akan masuk ke paru-paru dan menyebak ke seluruh bagian tubuh.

merokok dapat menyebabkan kanker payudara

Para ilmuwan telah menunjukan bahwa bahan kimia yang telah mengendap di dalam tubuh ini dapat merusak struktus DNA dan menguban gen penting. Hal ini yang menyebabkan timbulnya kanker dengan membuat sel-sel tubuh berkembang biar diluar kendali. Rokok, cerutu, dan pipa tembakau dibuat dari daun tembakau kering, dan kemudia di tambahkan dengan zat-zat untuk meningkatkan rasa dan membuat tokok menjadi sangat menyenangkan.

Asap yang keluar dari rokok terditi atas campuran banyak bahan kimia yang diproduksi saat terjadi pembakaran tembakau dan zat aditif nya. Asap tembakau terdiri dari lebih dari 7.000 bahan kimia, termasuk lebih dari 70 diantaranya diketahui mengandung zat karsinogen (penyebab kanker). Beberapa zat lain dalam rokok juga dapat menyebabkan jantung dan paru-paru berhenti bekerja. Adapun bahan-bahan kmia yang terkaandung dalam sebatang pohon adalah:

  • Sianida
  • Bensol
  • Amonia
  • Nikotin
  • Formaldehida
  • Metanol (alkohol kayu)
  • Actylene (bahan bakar yang digunakan dalam obor las)

Asap tembakau saat merokok juga mengandung tar dan gas-gas beracun korban monoksida dan nitrogen oksida. Dari semua bahan-bahan itu, bahan yang dapat menghasilkan efek menyenangkan adalah nikotin, sebuah obat adiktif yang merupakn salah satu bahan kimia paling keras dalam asa tembakau.

Daun tembakau yang digunakan untuk membuat rokok dan cerutu mengandung bahan radioaktif, besarnya tergantung pada tanah tempat tanaman itu ditumbuhkan dan pupuk yang digunakan.

Pada umumnya gejala kanker payudara tak begitu dihiraukan ketika masih tahap awal sebab beliau mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk anda para wanita, jika anda tidak merokok, jangan pernah mencobanya. Dan jika anda seorang perokok aktif, mulailah berlajar berhenti merokok, ada banyak teknik yang bisa anda gunakan untuk mamcu semangat anda agar berhenti menghisap racum tersebut. Berhentilah merokok dari sekarang sebabk merokok dapat menyebabkan kanker payudara.

Dengan berhenti meokok anda berarti memberi kesempatan sel-sel dalam tubuh anda melakukan regenerasi dan memperbaiki kondisi sel yang terlanjurrusak karena merokok menyebabkan terjadinya kanker payudara terutama saat anda memasuki masa menopause. Semoga bermanfaat. Salam Sehat!!

Merokok Dapat Menyebabkan Kanker Payudara