Ketahui Gejala Pada Siklus Menstruasi

Pada wanita normal biasanya akan mengalami masa menstruasi setiap bulannya, untuk itu bagi anda wanita penting untuk mengetahui gejala pada siklus menstruasi.

Selamat datang di salah satu website resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen Resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Kami merupakan agen resmi terpercaya yang telah berpengalaman dalam melayani pengiriman pemesanan keseluruh wilayah indonesia dan luar negri dengan memberikan sistem terbaik yakni kirim barang terlebih dahulu, setelah barang sampai baru transfer pembayaran. Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar kesehatan yang akan meliputi ketahui gejala pada siklus menstruasi.

Ketahui Gejala Pada Siklus Menstruasi

Sekilas Informasi Seputar Menstruasi dan Berbagai Macam Gejalanya

Menstruasi merupakan pendarahan nomal yang terjadi setiap bulan pada perempuan yang dipengaruhi oleh hormon. Disebut juga had atau datang bulan. Darah yang keluar saat menstruasi, terjadi akibat peluruhan lapisan rahim (rahim). Darah menstruasi mengalir dari rahim melalui lubang kecil di leher rahim dan kemudian keluar dari tubuh melalui lubang kemaluan perempuan (vagina).

Biasanya periode menstruasi atau haid berlangsung sekitar 3 sampai 5 hari. Ketika periode (menstruasi) datang secara teratur, ini disebut siklus menstruasi. Memiliki siklus haid yang teratur adalah tanda bahwa bagian-bagian penting dari tubuh bekerja secara normal. Siklus menstruasi menyediakan bahan kimia bagi tubuh yang penting, disebut hormon, yang menjaga anda tetap sehat. Menstruasi juga mempersiapkan tubuh untuk kehamilan. Hari 1 adalah pertama menstruasi. Siklus menstruasi akan berulang rata-rata setiap 28 hari. Siklus dapat berkisar dari 21 sampai 35 hari pada orang dewasa dan dari 21 sampai 45 hari pada remaja muda. Naik turunnya tingkat hormon selama sebulan mengontrol siklus haid / menstruasi.

Termasuk pada kategori manakah untuk anda wanita yang mengalami haid datang secara teratur atau bahkan tidak teratur ? Beruntung untuk wanita yang mengalami masa haid secara teratur itu menandakan bagian-bagian penting dari tubuh bekerja secara normal, nah yang sekarang di khawatirkan sekarang ini adalah pada wanita yang pada masa menstruasinya tidak teratur atau tidak lancar setiap bulannya. Jika anda termasuk pada wanita yang mengalami masa haid tidak lancar maka jangan pernah putus asa, karena semuanya pasti ada solusi atau jalan terbaik untuk mengatasi hal seperti itu. Seperti yang akan kami rekomendasikan saat ini , bahwa anda dapat melancarkan menstruasi dengan baik tanpa takut akan efek samping yakni hanya dengan Ovary Nutrition Capsule sebagai obat pelancar haid yang ampuh dan aman.

Apa itu ovary nutrition capsule ? Ovary nutrition capsule adalah suplemen herbal untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi wanita, yang ingin melancarkan haid, memiliki keturunan, mengobati kanker ovarium dll. Ovary nutrition capsule ini hasil produksi Green World merupakan salah satu produsen obat herbal terbesar di dunia dengan telah berpengalaman selama puluhan tahun dan telah banyak menghasilkan produk yang telah teruji kualitasnya serta telah beredar di beberapa negara besar yang salah satunya di daerah Asia seperti china, Malaysia, Singapure dan Indonesia.

Di usia Berapakah Wanita Bisa Mengalami Menstruasi ?

Siklus menstruasi pertama terjadi pada gadis remaja saat mereka memasuki masa pubertas, biasanya diawali pada usia 12 tahun atau sekitar 2-3 tahun setelah payudara mulai tumbuh. Usia pertama mentruasi yang dialami oleh seorang gadis juga umumnya terjadi pada usia yang sama dengan ibu atau kakak perempuan mereka. 

Menstruasi pertama terkadang bisa datang lebih cepat atau lambat. Ada yang mengalaminya sejak sekitar usia 8 tahun dan ada yang baru mengalaminya di atas usia 12 tahun. Meski demikian, sebagian besar gadis remaja sudah mengalami masa menstruasi secara rutin pada usia 16 hingga 18 tahun.

Menstruasi akan terus berlangsung sampai menopause tiba. Menopause umumnya terjadi pada wanita berusia 40 tahun hingga pertengahan usia 50 tahun.

Gejala-gejala Pada Siklus Menstruasi

Sindrom Prahaid (PMS) 

Dalam siklus menstruasi, perubahan kadar hormon dalam tubuh wanita akan terjadi (khususnya pada masa sebelum menstruasi). Berubahnya jumlah hormon bisa memengaruhi fisik dan emosi yang terkadang dapat muncul berhari-hari sebelum menstruasi. Gejala ini disebut sindrom prahaid (PMS).

Sejumlah perubahan fisik dan emosi yang biasanya muncul sebelum menstruasi berlangsung adalah:

  • Lelah.
  • Sakit kepala.
  • Perut kembung.
  • Payudara yang sensitif.
  • Kenaikan berat badan.
  • Nyeri pada otot dan sendi.
  • Kenaikan berat badan karena penumpukan cairan.
  • Diare atau konstipasi.
  • Muncul jerawat.

Sementara, perubahan emosi yang bisa terjadi pada saat wanita mengalami sindrom prahaid adalah:

  • Depresi.
  • Sering uring-uringan.
  • Suasana hati yang tidak stabil.
  • Sulit konsentrasi.
  • Mudah menangis.
  • Insomnia.
  • Perubahan nafsu makan.
  • Kecemasan berlebihan.
  • Turunnya rasa percaya diri.
  • Gairah seks yang menurun.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai ketahui gejala pada siklus menstruasi.. Hanya sekedar pengingat saja , untuk anda yang ingin mengetahui mengenai kutipan artikel kesehatan yang telah kami informasikan sebelumnya anda bisa mengunjungi website resmi kami di alamat http://wildanalfian.com/ . Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya. Semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua.

Ketahui Gejala Pada Siklus Menstruasi