Kenali Tahapan Ideal Pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI)

Sangat penting untuk bunda kenali tahapan ideal pemberian MPASI (makanan pendamping ASI) bagi sang buah hati.

Berjumpa kembali di salah satu situs resmi milik alfian herbal, yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal produk green world. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi kenali tahapan ideal pemberian MPASI (makanan pendamping ASI).

Proses penting dalam perkembangan bayi adalah dalam membiasakan pola makan yang baik dan sehat. Dua faktor penting dalam memperkenalkan makanan pada bayi adalah usia bayi dan jenis makanan yang diberikan. Hal ini terkait dengan waktu dan jenis yang tepaat untuk mengurangi resiko kehilangan zat gizi bayi. Pemberian makanan pada bayi diberikan secara bertahap dengan variasi bahan, rasa dan juga tekstur.

Kenali Tahapan Ideal Pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI)

kenali tahapan idea penberian mpasi (makanan pendamping asi

  • Bayi berusia 6 bulan

Pada awal pemberian makanan pendamping asi sebaiknya memberikan dalam porsi kecil, bahkan tekstur makanan pendamping asi dalam hari hari pertama harus lebih cair menyerupai ASI. Hal ini untuk membantu bayi dalam menyesuaikan diri dengan makanan barunya sehingga tidak merasa asing dengan makanan baru. Salah satu kondisi yang memungkinkan adalah bayi menolak pemberian makanan pada tahap awal pemberian makanan pendamping asi, berikan secara pelan-pelan jangan menunda bayi anda lapar atau juga masih kenyang. Hal ini dikarenakan ketika bayi anda sedang marah atau menangis akan membuatnya menolak karena rasa lapar.

  • Bayi berusia 7-8 bulan

Pada usia ini bayi anda sudah dapat diperkenalkan dengan makanan saring, tentunya dengan tekstur yang lebih kasar namun masih dapat disesuaikan dengan pencernaan bayi anda. Berikan pada porsi yang kecil , anda tidak perlu was-was bayi kelaparan karena masih diberikan asi meskipun dalam jumlah yang terbatas.

  • Bayi usia 9 bulan

Kini, memasuki usia 9 bulan bayi dapat diperkenalkan pada tekstur makanan yang lebih kasar dari sebelumnya. Sebagai tahap awal, anda dapat memberikan campuran tim saring dengan tim biasa sehingga tidak membuat pencernaannya terkejut. Apabila pada hari hari terakhir bayi anda menerima maka dapat diberikan nasi tim dengan campuran lauk dan sayuran. Dengan begitu anak anda akan terbiasa dengan makanan sehat keluarga.

  • Bayi usia 12 bulan

Pada usia 12 bulan, anak sudah dapat diberikan menu makanan seperti menu keluarga anda, hal ini berhubuangan dengan pertumbuhan gigi bayi pada usia ini. Meskipun demikian perhatikan pula bumbu yang digunakan dalam menu makanan, hindari menggunakan bumbu dengan bau yang tajam dan juga tekstur yang terlalu keras. Ajaklah untuk makan bersama dengan keluarga di meja makan sehingga terbiasa dengan pola makan keluarga, siapkan pula piring dan sendok dengan bahan khusus bayi.

Dengan mengenali tahapan ideal dalam pemberian makanan pendamping asi akan membantu dalam mencukupi kebutuhan nutrisi sesuai dengan perkembangan bayi anda. Pemberian makanan pendamping asi, sebaiknya dilakukan pada usia 6 bulan dikarenakan pada usia ini bayi anda sudah mulai mengalami perkembangan pencernaan yang sempurna.

Pemberian yang lebih awal akan meningkatkan resiko kuman mudah masuk ke dalam tubuh bayi anda. Apalagi jika jenis makanan atau alat makan bayi belum terjaga kebersihan. Banyak penelitian yang menemukan bahwa pemberian makanan pendamping asi dibawah usia 6 bulan akan meningkatkan resiko diare, sembelit, demam,dan juga batuk-pilek. Salah satu makanan dan minuman yang baik dan aman sebelum usia 6 bulan hanya asi eksklusif yang mengandung kecukupan nutrisi yang dibutuhkan dalam perkembangan dan pertumbuhan bayi anda.

Imak terus situs http://wildanalfian.com untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Kenali Tahapan Ideal Pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI)