Jenis Makanan Yang Mengandung Banyak Kalori

Jenis makanan yang mengandung banyak kalori ini sangat baik bagi kesehatan tubuh yang kekurangan kalori sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Berjumpa kembali di salah satu situs resmi milik alfian herbal, yang merupakan pusat penjualan obat, suplemen, vitamin produk green world yang aman di konsumsi. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi jenis makanan yang mengandung banyak kalori.

Kalori adalah salah satu zat yang sangat ddibutuhkan oleh tubuh. Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, tubuh membutuhkan kalori agar dapat melakukan berbagai macam aktivitas. Ibarat motor, kalori itu adalah bahan bakan yang membuat motor tersebut dapat memiliki tenaga untuk berjalan.

Manusia sendiri rata-rata membutuhkan 2000 kalori sehari untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Jumlah ini tergantung dari makanan yang mengandung jumlag kalori yang baik, karena jika berlebihan akan berbahaya. UntukĀ  itu kita harus mengetahui jenis makanan yang memiliki kalori tinggi agar bisa mengatur asupan kalori sehari-hari, berikut ini diantaranya :

Jenis Makanan Yang Mengandung Banyak Kalori

Minyak dan lemak

Makanan yang berminyak atau berlemak tinggi merupakan sumber makanan paling tinggi karena per 100 mg minyak sayur mengandung 902 kkal, atau dalam satu sendok makan (13 gram) mengandung 117 kkal. Makanan berminyak bisa terdapat pada gorengan, gajih, kerupuk, aneka keripik, nasi goreng dan lain-lain.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (kacang tanah, kacang mede, almond dan lainnya) dan produk olahanya mengandung 718 kkal per 100 mg nya. Namun kacang juga mengandung serat, vitamin E, zink, magnesium, folat dan protein yang bermanfaat bagi tubuh.

Cokelat

Cokelat, khususnya cokelat kakao (cokelat hitam) yang biasanya dijadikan bahan pembuatan kue memiliki kalori sebesar 589 kkal per 100 mg cokelat hitam.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memiliki kandungan kalori yang tinggi karena kandungan lemaknya yang tinggi. Beberapa resiko terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji diantaranya meningkatkan resiko serangan jantung, kanker, diabetes, tekanan darah tinggi.

Alpukat

Dalam 1oo gram alpukat mengandung 160 kkal. Tapi disamping tinggi kalori, alpukat juga kaya akan asam folat, serat dan lemak jenuh. Kalori pada alpukat tentu akan semakin tinggi bila alpukat dikonsumsi dengan cara dijus dengan tambahan susu atau gula. Beberapa jenis buah yang tinggi kalori lainnya diantaranya mangga, kurma, kelapa.

Susu

Susu kaya akan kandungan kalsium yang baik bagi tubuh, namun susu (khususnya jenis whole milk) juga memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga mengandung kalori cukup banyak yaitu per 100 gram nya mengandung 452 kkal. Jika Sobat ingin mendapatkan manfaat susu tanpa harus khawatir akan tingginya kalori yang terkandung, Sobat bisa mengganti dengan susu yang rendah kalori/lemak, saat ini sudah mulai banyak beredar di pasaran.

Ikan berlemak

Berbagai jenis ikan berlemak seperti sarden, salmon, mackerel, belut dan lain-lain mengandung kalori cukup tinggi sekitar 300 – 400 kkal per 100 gram. Ciri-ciri ikan berlemak (fat fish) memiliki warna pigmen yang lebih banyak dibanding ikan lain (lean fish atau medium fat fish), sehingga warna dagingnya cenderung kekuningan atau kemerahan.

Daging

Daging dan makanan olahanya mengandung kadar lemak yang tinggi sehingga kadar kalorinya pun tinggi pula. Salah satu menu olahan daging yang tinggi kalori diantaranya sate kambing. Per satu porsi sate (10 tusuk) mengandung sekitar 775 kkal yang 50% diantaranya adalah lemak, belum lagi jika disantap bersama nasi putih dengan kandungan sekitar 129 kkal per 100 gram nasi putih (sekitar 10 suapan).

Es Krim

Dibalik rasanya yang nikmat, es krim mengandung banyak sekali lemak, kalori dan gula. Itulah sebabnya mengapa es krim menjadi makanan pantangan bagi mereka yang menjalani program diet.

Minuman bersoda

Semua jenis minuman bersoda (walaupun minuman bersoda rendah gula) memiliki kandungan gula yang tinggi yang berarti tinggi pula kandungan kalorinya. Hindari minuman bersoda jika tidak ingin program diet yang Sobat jalani berantakan.

Mie instan

Tahukah Sobat jika mie instan mengandung banyak kalori? Ya, dalam satu bungkus mie instan mengandung sekitar 330 kkal, apalagi jika mie instan dimakan bersamaan dengan nasi putih. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mie instan.

Dressing salad

Dressing salad mengandung kalori yang cukup tinggi karena dibuat dari bahan utama yaitu susu, yang notabene berupa lemak hewani. Per 100 gramnya dapat mengandung hingga 631 kkal.

Simak terus situs http://wildanalfian.com untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat. Semoga artikel yang kami sampaikan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih atas kunjungannya.

Baca Juga : Penyebab Janin Sungsang Yang Wajib Diketahui

Jenis Makanan Yang Mengandung Banyak Kalori